Situs-situs Penyingkat URL

Penyingkat URL (URL Shortener) adalah sebuah cara untuk memperpendek alamat sebuah situs atau lebih jelaskan mempersingkat alamat / link ke sebuah situs. Kenapa harus disingkat? Jelas ketika kita ingin masuk ke URL sebuah artikel kita harus mengetiknya di address bar, akan sangat repot jika URL-nya panjang.
Di dalam bisnis affiliasi misalnya, URL affiliasi kan panjang sekali. jika kita ketik URL affiliasi yang sangat panjang itu kan kurang efektif. Dengan begitu panjangnya Url affiliasi itu apakah calon prospect kita akan dengan mudah menghapal url yang kita pasarkan ? yang pasti tidak, karena url tersebut cukup membingungkan, terkadang diujung url tersebut ada nomor-nomor, bisa juga sebagai username saat mendaftar.
Didalam bisnis affiliasi ada teknik-teknik tertentu dalam pemasarannya. Salah satunya dengan teknik mengshorter url atau memperpendek url tersebut. Istilah beken di Indonesianya disebut dengan membungkus link.
Kelebihan dan kekurangan dalam mengshorter url affiliasi
Untuk kelebihannya seperti, menyembunyikan kalo itu adalah link aslinya, padahal itu link affiliate, mempermudah promosi di Twitter, dan mudah diingat.
Sedangkan kekurangannya, jika kita mengshorter link affiliasi dan mempromosikannya menggunakan Facebook Ads, maka bisa-bisa akun Facebook Anda kena cium tante AME (Ads Manager Error), wuih bahaya tuh kalo sampe kena cium.
Untuk itu ada beberapa situs yang memberikan jasa untuk menyingkat URL tersebut.
Berikut situs-situs penyingkat URL (URL Shortener)

1. Bit.ly (http://bitly.com)

Situs penyingkat url pertama banyak  gunakan sekarang ini adalah Bit.ly. Situs penyingkat url satu ini berdiri pada tahun 2008 yang berbasis di New York City.

Bit.ly memiliki fitur yang dapat mengtracking jumlah klik dari url yang dipendekkan. Dengan adanya fitur tersebut, kita sebagai pengguna sangat terbantu dalam merevisi promosi link yang kita gunakan.

Ada satu fitur lagi yakni Bit.ly memiliki fitur customize, yakni fitur link yang sudah kita pendekkan bisa kita ganti dengan kata kunci yang dibidik. Contohnya menjadi bit.ly/mr85cs dan juga bisa dengan model pengalamatan lain seperti j.mp/mamatrahmatcom.

Caranya sangat mudah Anda tinggal copykan saja link panjang milik Anda, lalu paste pada kotak paste a long URL here to shorten, lalu klik tombol bit.ly atau tekan ENTER lebih baik. Maka secara cepat link url Anda sudah di pendekkan.

2. Goo.gl

Ini di url shortener milik perusahaan raksasa google. Sama seperti Bit.ly, Goo.gl memiliki fitur tracking jumlah klik dari url yang dipendekkan juga.

Menggunakan Google.gl sangatlah mudah, tetapi sedikit berbeda dengan Bit.ly, jika Anda tidak memiliki akun Google, maka ketika Anda akan mengshorter url, Goo.gl meminta Anda untuk memasukkan huruf atau angka captcha yang telah disediakan.

3. Adf.ly

Situs penyingkat URL adf.ly ini selain digunakan untuk menyingkat URL juga adf.ly memberikan earning kepada pemilik akun adf.ly yang link pendeknya itu ada yang klik. Ini cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan dua manfaat sekaligus yakni menyingkat URL dan mendapatkan $.

4. Tiny*url.com

Tiny*url.com sudah sangat populer, tidak salah pada grafiknya  situs ini berada diperingkat pertama pengguna terbanyak sebagai shortenet url.

Itulah situs-situs penyingkat URL atau URL Shortener.

 

Mamat Rahmat

Mamat Rahmat, Seorang Blogger sejak 2013. Sekarang sedang menggeluti dunia Internet Marketing

You may also like...

Leave a Reply