Perbedaan HTTP dan HTTPS

Ketika kita mau browsing atau sedang browsing seringkali kita melihat tulisan http atau https pada address bar browser yang kita gunakan, bahkan pada link terkait kita sering menjumpai sebuah link yang mengarah pada sebuah alamat yang mulai dengan tulisan http atau https. Muncul dibenak kita apa itu http dan https dan apa perbedaan dari keduanya.

Kode HTTP atau HTTPS  ini sering di jumpai ketika kita hendak melakukan browsing atau membuka halaman website tertentu. Kita di minta untuk mengetik kode tersebut di awalnya dan diakhiri dengan titik dua dan dua garis miring (http://) ketika kita melakukan browsing halaman website yang diinginkan.

 

Perbedaan http dan https

HTTP merupakan kependekan dari Hypertext Transfer Protocol yaitu suatu protokol yang dipakai oleh www dimana http itu sendiri memberikan definisi terhadap bagaimana pesan dapat disampaikan dan diformat dari server menuju klien. Sementara itu HTTPS atau yang memiliki kepanjangan Hypertext Transfer Protocol Secure ini juga merupakan suatu protokol yang dipakai oleh www dimana https itu sendiri akan memberikan definisi terhadap bagaimana pesan dapat disampaikan dan diformat dari server menuju klien dengan sangat aman.

Jadi kedua protokol tersebut memiliki fungsi yang sama, namun berbeda pada bagian keamanannya. Ketika kita hendak browsing dengan menggunakan browser yang meggunakan kemananan yang terjaga tentu HTTPS lah yang akan muncul dan diakses oleh browser tersebut. Lain halnya  jika masih menggunakan http, tentu informasi yang kita kirimkan kepada pihak kedua yaitu website yang tertera akan sangat mudah diambil alih oleh pihak ketiga. Hal yang berbeda ketika telah menggunakan https, tentu informasi yang kita kirimkan kepada pihak kedua tidak dapat diambil alih oleh pihak ketiga.

Beberapa perbedaan utama antara http dan https, dimulai dengan port default, yang 80 untuk http dan 443 untuk https. Https bekerja dengan transmisi interaksi yang normal http melalui sistem terenkripsi, sehingga dalam teori, informasi tidak dapat diakses oleh pihak selain klien dan server akhir. Ada dua jenis umum lapisan enkripsi: Transport Layer Security (TLS) dan Secure Socket Layer (SSL), yang keduanya menyandikan catatan data yang dipertukarkan.

 

Kesimpulan

Jadi HTTP dan HTTPS memiliki peranan yang sama dalam  mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client, hanya saja https memiliki kelebihan fungsi dalam sistem keamanan dengan mengenkripsikan informasi menggunakan SSL dan TLS. Sehingga https memiliki keamanan yang lebih di bandingkan http.

 

Demikianlah ulasan tentang perbedaab HTTP dan HTTPS, semoga bermanfaat.

 

 

Mamat Rahmat

Mamat Rahmat, Seorang Blogger sejak 2013. Sekarang sedang menggeluti dunia Internet Marketing

You may also like...

Leave a Reply