Home  /  Internet  / Pengertian Domain

Pengertian Domain


Pengertian Domain

Domain Name atau Nama Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

URL dalam suatu domain, dapat diakses melalui HTTP (HyperText Transfer Protocol). Protokol HTTP dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (www). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus, dan generik yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam tipe dokumen. WWW dijalankan dalam server yang disebut HTTPD (Hyper Text Transfer Protocol Daemon). HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara client dan server. Sebuah client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tuan rumah yang jauh (biasanya port 80). Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request).

Versi lain dari HTTP adalah HTTPS (HTTP Secure). HTTPS adalah protokol HTTP yang menyediakan layanan yang aman dengan proses komunikasi data yang diacak/ dibungkus (encrypt). Protokol ini biasanya digunakan pada transaksi e-commerce.

Ada beberapa macam nama domain yang digunakan di dalam situs web. Penggunaan nama domain ini disesuaikan dengan tujuan pendirian dari situs web tersebut. Pembagian nama domain pada umumnya dibedakan menjadi domain umum dan domain berdasarkan nama negara.

Domain Umum (Generic Domain)

Sebuah situs web yang digolongkan dalam generic domains adalah sebuah situs web yang pada bagian akhir nama situs web tersebut berakhiran dengan kata kunci com, net, org, edu, gov, mil, dan sebagainya. Akhiran tersebut biasa diistilahkan sebagai Top Level Domain (TLD).  Berikut ini beberapa contohnya.

com  = digunakan untuk situs-situs yang menawarkan jasa komersial/perusahaan

net = digunakan untuk situs-situs yang menawarkan jasa jaringan / telekomunikasi

org = untuk situs-situs organisasi atau nirlaba

edu = digunakan untuks situs-situs pendidikan

gov = untuk situs pemerintahan

mil = untuk situs kemiliteran / angkatan bersenjata

Domain Berdasarkan Nama Negara (Country-Specific Domain)

Sebuah situs web yang dibubuhi dengan dua kata kunci, kata kunci pertama untuk menunjukkan tujuan dari pembangunan situs, sedangkan kata kunci kedua digunakan untuk menunjukkan lokasi (negara) situs tersebut berada. Kata kunci kedua biasa disebut dengan istilah Second Level Domain (SLD). Untuk di  Indonesia,  yaitu co.id, net.id, ac.id, or.id, go.id, dan mil.id dan lainnya. Berikut contohnya

co.id  = digunakan untuk situs-situs yang menawarkan jasa komersial/perusahaan di Indonesia

net.id  = digunakan untuk situs-situs yang menawarkan jasa jaringan / telekomunikasi di Indonesia

or.id = untuk situs-situs organisasi atau nirlaba di Indonesia

ac.id = digunakan untuks situs-situs pendidikan di Indonesia

go.id = untuk situs pemerintahan di Indonesia

mil.id = untuk situs kemiliteran / angkatan bersenjata di Indonesia

Itulah pengertian domain beserta macam-macamnya.

 

 

Related Post


Pengertian Hosting
Pengertian Hosting

Pengertian hosting - Host  adalah  sebuah  komputer  dalam  suatu  jaringan yang…

Auto Generate Content
Auto Generate Content

Semua blogger menginginkan traffic pengunjung yang banyak dan secara instant.…

Apa itu Affiliate Amazon ?
Apa itu Affiliate Amazon ?

Setelah mengetahui pengertian affiliate program di bisnis online internet, saya…

Pengertian Internet
Pengertian Internet

Pengertian Internet - Internet merupakan kependekan dari Interconnected Networking yaitu…





Add Comment


Leave a Reply